Belajar PHP dasar, apa itu PHP?


Belajar PHP dasar

Ditutorial kali ini kita akan membahas tentang PHP yang biasa digunakan web devoper untuk membuat halaman website yang dinamis dan efisien. Disini sobat sudah diartikan paham akan HTML dan CSS terlebih dahulu karena sebelum melangkah ke tutorial PHP dasar ini sangat penting menguasainya. Untuk tutorial dari HTML dan CSS sendiri bisa sobat lihat di ahliprogram.blogspot.com. Kenapa harus menguasai dasarnya terlebih dahulu, karena sangat dianjurkan jika semua dimulai seacara bertahap agar suatu saat tidak kesulitan dalam penerapannya. Jika sobat tetap memaksakan untuk melangkah tanpa tahu dasar bisa di khawatirkan akan menemukan kendala saat Belajar PHP jika HTML dan CSS dasar belum sobat kuasai. Sehingga suatu saat akan menimbulkan sifat gampang menyerah ketika menemui error pada saat melakukan koding.

Pada artikel Belajar PHP dasar ini akan dibahas mengenai sedikit tentang pengenalan bahasa pemrograman PHP. Seperti bagaimana cara penulisan PHP, strukturnya, dan mengeksekusi atau meng-compile nya. Dibawah ini akan dibahas terlebih dahulu tentang pengenalan PHP, ada peribahasa tak kenal maka tak sayang hehe. Jadi kita harus kenal dulu agar bisa memahami bagaiaman bahasa pemrograman PHP itu sendiri.

Pengenalan PHP

Hypertext Preprocessor atau yang biasa disebut dengan PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang di ciptakan untuk web developer atau programmer web base. PHP sendiri memiliki sidat yang disebut server-side, kenapa bisa disebut server-side? Karena PHP di eksekusi menggunakan server atau biasanya dengan menggunakan server semacam apace yang terdapat di xampp. Cara menggunakan xampp sendiri bisa dilihat di artikel yang sudah saya buat tentang cara menggunakan XAMPP. PHP dijalankan seperti HTML yaitu di web browser seperti google chrome, mozila, dan lain-lain. Hampir semua situs website dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, sebut saja facebook, twitter, wordpress, blogspot dan masih banyak website lainya.

PHP mulai di kembangkan di tahun 1995 oleh Rasmus Lerdofr. Situs resmi dari PHP bisa dikunjungi pada alamat http://www.php.net. Setelah mempelajari pondasi dalam membuat website yaitu tentang HTML dan CSS, tahap selanjutnya adalah Belajar PHP dasar. HTML digunakan untuk membangun tampilan sebuah website, CSS digunakan untuk mempercantik sebuah website dan PHP membuat sebuah website menjadi dinamis. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana kegunaan dari PHP untuk membangun sebuah website.

Fungsi dan Kegunaan PHP

Jika kita membayangkan fungsi dan kegunaan PHP tentu semua itu tidak terlepas dari HTML sebagai tiang-tiang pondasi sebuah website, CSS sebagai design tampilan dan PHP sebagai halaman dinamis website. Disini fungsi dari HTML sendiri adalah sebagai pondasi pengawal sebuah website untuk diciptakan tentunya dengan kita menguasai dasar dari HTML sendiri akan menjadi modal yang berharga untuk melangkah dalam Belajar PHP. Jika sudah menguasi pondasi kita hanya perlu memoles sebuah website untuk membuat tampilan menjadi menarik agar enak dipandang dan tidak monoton. Dalam hal ini PHP sendiri berfungsi sebagi pengatur siapa saja yang dapat melihat website itu, siapa saja yang dapat mengubahnya, lalu siapa yang bisa masuk atau keluar di halaman website. Nah jadi PHP berguna untuk mengatur atau membuat aksi pada website kita, tanpa PHP website kita akan menjadi statis dan dengan PHP website kita akan menjadi lebih hidup dan dinamis.

Penulisan Syntax PHP

Untuk penulisanya, biasanya di tulis dengan awalan atau tag pembuka  “ <?php “ dan diakhiri dengan tag penutup “ ?> “ , di syrtax PHP sendiri dapat dikombinasikan dengan HTML ataupun Javascript yang biasanya setiap sytax dari PHP diharuskan ditutup dengan “ ; “ agar tidak terjadi errror. Dibawah ini adalah contoh penulisan syntax PHP.

<?php
echo “belajar php dasar di ahliprogram.blogspot.com “;
?>

Belajar PHP dasar

Dilihat dari syntax diatas bahwa awalan setiap penulisan syntax PHP harus diawali dengan tag pembuka “ <?php ” dan tag penutup  “ ?> ”, yang biasanya sering terlihat untuk para programmer begginer adalah tanda “ ; “ diakhir. 



Syntax echo yang dimaksud diatas adalah untuk menampilkan data atau nanti ketika dijalankan di web browser akan tampil tulisan “ belajar php dasar di ahliprogram.blogspot.com “.

Cara menjalankan PHP dengan Localhost

Setelah membaca tulisan diatas tentang cara penulisan syntax PHP kita akan teruskan dalam menjalankan PHP dengan localhost. Kenapa dengan localhost? Karena untuk menjalankan PHP dibutuhkan server yang biasanya terdapat di XAMPP yang nantinya bisa diakses dengan Localhost. Apa itu XAMPP? Apa itu localhost? Sobat bisa baca tutorial saya selanjutnya tentang bagaiamana instalasi XAMPP dan menjalankan PHP dengan Localhost.


2 Responses to "Belajar PHP dasar, apa itu PHP?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel