Pengertian dan dasar – dasar penggunaan codeigniter


Selamat datang sobat di tutorial yang pertama saya mengenai codeigniter di https://ahliprogram.blogspot.com. Pada tutorial kali ini saya akan membahas apa itu codeigniter dan bagaimana dasar – dasr penggunaan codeigniter. Bagi sobat yang kuliah mengambil jurusan Teknik Infromatika pastinya sering mendengar tentang framework codeigniter. Framework codeigniter merupakan salah satu framework PHP yang dikembangkan untuk mempermudah developer mengembangkan atau membuat sebuah aplikasi yang berbasis web base. Berikut ini saya akan jelaskan sedikit tentang pengertian codeigniter dan dasar – dasar penggunaan codeigniter.

Framework codeigniter adalah kumpulan perintah-perintah yang di satukan atau dikumpulkan ke dalam satu class dan fungsi-fungsi atau di sebut function untuk memudahkan [ara developer dalam menangani error atau tanpa harus menulis syntax program berulang-ulang. Hal ini bertujuan untuk menghemat waktu agar lebih efisien, selain itu juga untuk membuat source code yang terstruktur, bersih dan rapi.

Codeigniter adalah sebuah framework php yang sifatnya open source atau dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja tanpa terkecuali. Codeigniter mempunyai metode MVC (Model, View, Controller). Apa itu MVC? Berikut akan saya jelaskan mengenai MVC atau Model, View, Controller.
MVC adalah teknik untuk memisahkan komponen utama menjadi tiga komponen yang terdiri dari model (database), view (tampilan), controller (penghubung).

  • Model

Model merupakan bagian yang berhubungan dengan query atau database untuk pengolahan database. Contohnya seperti mengambil data dari database, menghapus, merubah, atau memasukkan ke database.

  • View
View merupakan bagian yang berhubungan dengan User Interface (UI). Apa itu UI? UI adalah sebuah tampilan pada aplikasi yang muncul saat user membuka aplikasi tersebut. Intinya View adalah menangani tampilan untuk user yang biasanya di kerjakan oleh web desainer.

  • Controller
Controller merupakan penghubung antara model dan view sehingga user tidak langsung berhubungan dengan database atau model.

Dari penjelasan diatas tentang Model, View, Controller diatas dapat disimpulkan bahwa controller adalah sebagai penghubung antara model dan view. Misalnya saja aplikasi yang dibangun menggunakan MVC, controller memanggil data dari model lalu diteruskan di view lalu diberikan ke user untuk ditampilkan. Dari sini sangat mudah bukan gambaran dari MVC itu sendiri, apalagi untuk developer konsep MVC ini sangat membantu sekali dalam mengerjakan sebuah projek secara berkelompok yang biasanya di bagi dalam front end dan back end. Jadi untuk pembagian tugasnya sangat jelas jika kita mengerjakan sebuah projek dengan konsep MVC.

Kelebihan Codeigniter

Adapun beberapa kelebihan dari codeigniter adalah sebagai berikut :
  1. Syntax rapi dan terstruktur
  2. Mudah digunakan
  3. Cocok buat kerja kelompok antara front end dan back end
  4. Codeigniter menyediakan fasilitas library dan helper dalam membuat sebuah pagination, session, dan memanipulasi url yang dapat dilihat di dokumentasi dari codeigniter.
  5. Keamanan yang lumayan tanggung karena tidak langsung terhubung dengan database.


Cara Menggunakan Codeigniter

Untuk menggunakan codeigniter caranya begitu mudah. Download saja codeigniter di website resminya codeigniter.com kemudian ekstrak isi folder tersebut lalu tempatkan di htdocs sobat. Contoh penggunaan codeigniter dengan localhost. Jalankan pada browser sobat dengan mengetikkan https://localhost/ahliprogram/

Diatas adalah tampilan dari codeigniter yang berhasil di install dan siap digunakan. Tampilan diatas adalah tampilan default halaman codeigniter saat pertama kali di ekstrak dan masih original. Codeigniter juga menyediakan panduan yang dapat sobat akses dengan halaman https://localhost/ahliprogram/user_guide/


Diatas adalah panduan dari codeigniter. Sekian tutorial pengertian dan dasar – dasar penggunaan codeigniter. Pada tutorial selanjtnya akan dijelaskan penggunaan dasar codeigniter mulai dari libarary, helper, fucction di codeigniter.

0 Response to "Pengertian dan dasar – dasar penggunaan codeigniter"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel